728 x 90

Bagaimana cara merawat mobil matic

Beberapa waktu yang lalu saya membeli mobil matic bekas, karena saya belum pernah memiliki mobil matic maka saya browsing di internet tentang hal-hal yang berkaitan dengan merawat maupun mengendarai mobil matic. Untuk itu saya akan posting tentang hal-hal yang berkaitan dengan mobil matic yang saya ambil dari berbagai sumber, salah satunya yang saya ambil dari masagungindonesia.com berikut ini.
Mengendarai mobil bertransmisi  otomatis di jalanan ibukota  atau kota – kota besar yang tak  pernah lepas dari jalanan macet, memang lebih menjajikan kenyamanan ketimbang mobil bertransmisi manual. Tapi di balik kenyamanan yang diperoleh, perangkat persnelingmatik membutuhkan  perawatan melebihi transmisi manual, terutama dalam urusan dengan girbox.

Berikut hal – hal yang harus anda ketahui :

Automatic Transmision Fluid

    Di dalam gearbox matik, ada fluida yang namanya AutomatikTransmission Fluid (ATF), fungsinya tidak hanya melumasi. Prinsip hidrolis dalam girbox matik memerlukan mediator. Terutama untuk mengatur perpindahan gigi Dan merapatkan plat kopling. Jadi kalau viskositas kekentalannya turun, tekanan yang di hasilkan juga akan berkurang.

Proses Pembakaran

    Karena tidak ada proses pembakaran di transmisi matik, turunnya viskositas fluida di sebabkan kontaminasi akibat masa pakai. Ini tidak bisa di hindari, Karena setiap friksi yang terjadi di plat kompling, pasti menghasilkan muatan/grum pengkotaminasi.

Slip Kopling

    Gejala kerusakan transmisi matik bias di rasakan dari slip kopling. Indikasinya terjadi ketidakseimbangan  putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, tetapi mobil berjalan dengan laju yang tidak seimbang dengan deru suara mobil.

Perpindahan Gigi

    Perpindahan gigi persneling  juga menyentak, tak halus seperti biasa. Ini bias di cek dengan memasukkan persneling dengan posisi D atau R, lalu rem di lepas. Daslam kondisi sehat, mobil langsung bergerak. Bila tidak patut di curigai ada maslah di transmisi matik.

TIPS TAMBAHAN
  • Jangan memasukkan tuas ke posisi P jika mobil belum benar – benar berhenti.
  • Jangan biarkan mobil terparkir dalam posisi D. Kadang ini di lakukan oleh pengemudi yang terbiasa dengan mobil manual. Kebiasaan seperti ini wajib di tinggalkan, kalau tidak ingin plat kopling anda cepat rusak. Cukup dengan memasukkan tuas ke posisi P, mobil terparkir dalam posisi aman.
1 Komentar untuk "Bagaimana cara merawat mobil matic"

Terimakasih atas tipsnya,Jangan lupa untuk berkunjung ketempat kami:
Cari Mobil Bekas dan Baru | Jual Beli mobil-Otomotif7.com
Tempat Jual Beli Mobil baru dan bekas Online Daftar Harga Mobil Terbaru merek Toyota, Honda, Nissan, Daihatsu, Suzuki, Avanza, Mitsubishi, BMW, Audi, Ford dan lainnya
cari mobil murah,mobil murah dijual,jual Mobil Online,Beli Mobil Online,Jual beli Mobil Baru,Jual beli Mobil Second,Pasang Iklan Mobil
Jual beli Mobil Second
Beli Mobil Online

Back To Top