728 x 90

Cara menghapus link footer wordpress

Jika kita menggunakan template wordpress gratis selalu dilengkapi dengan footer link yang berisi credit link untuk designer-nya, tentu hal ini sah-sah saja karena setiap designer mesti diapresiasi hasil kerjanya dan mereka pun berhak melakukan itu di setiap template wordpress gratis yang sudah dibuatnya.

Hanya saja sebagian besar template wordpress gratis tersebut juga ditambahkan dengan footer link yang dienkripsi (encripted footer link) dan biasanya berisi sejumlah link dari sponsor. Encrypted footer link inilah yang kerap berpotensi menjadi masalah bagi pengguna template gratis tersebut. Apa masalahnya?

Masalahnya adalah bahwa link-link tersebut tidak ada hubungannya dengan blog kita atau bahkan tidak nyambung sama sekali. Untuk itu akan kelihatan lebih bagus tampilan blog kita jika link tersebut kita hapus kecuali link yang menuju ke designernya karena kita sebagai pengguna harus mengapresiasinya. Berikut cara menghapus link footer wordpress tersebut :

Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghapus link di footer wordpress theme gratisan anda adalah sebagai berikut:

(1) Login di dashboard blog wordpress anda, lalu masuk di menu APPEARANCE dan klik editor. Lihat gambar di bawah ini:
(2) Silahkan klik file Footer (footer.php), maka akan kelihatan kode php yang telah dienkripsi (encrypted) seperti gambar di bawah ini:

(3) Selanjutnya buka file Main Index Template (index.php), kemudian carilah kode php untuk footer. Biasanya kode footer terletak pada bagian paling bawah. Kode footer-nya seperti di bawah ini:
<?php get_footer(); ?>
Nah, jika sudah ketemu dengan kode php untuk footer di file index.php tersebut, maka anda perlu memasukkan sedikit kode untuk menandai kode footer ini. Silahkan tambahkan kode di bawah ini persis di atas kode footer tadi:
<!–AstaFooterFinderTop–>
dan tambahkan kode ini persis di bawah kode footer tadi, lalu klik Update File (save):
<!–AstaFooterFinderBottom–>
Jadi tampilan index.php nanti akan terlihat seperti ini:
(4) Nah, langkah selanjutnya adalah membuka browser baru dan melihat tampilan homepage blog anda setelah utak-atik kode theme tadi. Kali ini anda mesti melihat source blog dengan mengklik VIEW lalu PAGE SOURCE (jika anda menggunakan Firefox dan memang sebagai blogger sangat disarankan!). Bisa juga langsung dengan Ctr+U. Nantinya akan kelihatan kode source seperti di bawah ini:
(5) Selanjutnya, kode seperti yang saya beri highlight warna biru di atas itulah yang anda harus COPY lalu PASTE ke file Footer (footer.php) di editor theme anda. Sebelumnya hapus dulu semua kode di Footer (footer.php) sebelum memasukkan kode dari page source tadi.

(6) Setelah itu, mulailah melakukan editing terhadap link-link sponsor yang kelihatan di file Footer (footer.php) yang baru anda dapatkan dari page source seperti yang saya tunjukkan di atas.

Saya menyarankan untuk tetap membiarkan link ke designer theme yang anda pakai, dan hapus saja link sponsor yang tidak relevan. Jangan lupa untuk mengklik tombol Update File setelah semuanya sudah anda edit.Demikian langkah-langkah cara menghapus link footer wordpress dan semoga bermanfaat

Sumber : http://harianutama.wordpress.com
9 Komentar untuk "Cara menghapus link footer wordpress"

saya sudah coba, kok linknya tetap masih disitu ya...cek di www.modeljaket.com disitu masih ada link Toko Baju

terimakasih om...ini dia yang di cari - cari.. makasih banget

kalo edit footer gitu di frontpage ga ada menu bar ya? jadi kalo kita mau ke dashboard mesti manual dengan cara domain.com/wp-admin.. saya coba edit sih jadinya kaya gitu tapi ga tau untuk tema yang lain

Artikelnya cukup membantu.
hasilnya www.odesuccess.com

makasi gan atas bantuannya

Nomor Cantik
AndikAnis.com

Solusi yang mantaf gan buat edit tema yang ada link kreditnya,,,makasih banyak gan ilmunya sangat bermanfaat nih........

Thanks gan...2013 - 2016 masih tetap work

www.viagrapilbiru.com make themegirls. buka >inc/functions.php > edit yang mau diubah bag mana.

Back To Top