Langkah – langkah Menginstal Komputer Sendiri


Komputer dalam perkembangannya sudah menjadi barang yang biasa atau tidak mewah lagi dalam artian hampir setiap orang memiliki komputer atau laptop. Kebanyakan orang termasuk saya, hanya bisa mengoperasikannya itupun tidak maksimal apalagi melakukan perbaikan jika mengalami kerusakan. 

Salah satu pengetahuan atau ketrampilan atau paling tidak memahami adalah bagaimana menginstal komputer, untuk itu saya memposting tulisan tentang bagaimana menginstal komputer. Berhubung tulisan ini akan panjang jika dibuat satu postingan maka akan saya bagi menjadi beberapa tulisan dan tulisan yang pertama adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menginstal komputer. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :
 
Kita cek dulu perlengkapan hardwarenya.  Apakah komponen komputer anda sudah terakit dengan benar, lengkap, dan memenuhi persyaratan minimal untuk menginstal sistem operasi tertentu. Lebih baik lagi jika perangkat keras pendukung seperti kartu jaringan, printer, scanner, dan sebagainya telah terpasang di komputer sebelum memulai instalasi. Tujuannya agar nantinya sistem operasi dapat otomatis mendeteksi secara dini perangkat-perangkat komputer yang Anda miliki.
  1. Perhatikan apakah kita akan melakukan Instal baru atau instal ulang ? Pastikan apakah instalasi akan Anda lakukan pada komputer baru yang belum memiliki sistem operasi dan program komputer, atau dilakukan pada komputer yang sebelumnya sudah memiliki sistem operasi plus program aplikasi dan data-datanya. Proses instal menjadi lebih mudah dan cepat jika dilakukan pada komputer baru. Jika yang akan Anda lakukan adalah instal ulang (karena sistem operasi sebelumnya sudah bermasalah atau ingin berganti sistem operasi lain), maka pastikan file data, dokumen, gambar, foto, film, dan sebagainya yang telah Anda miliki sudah Anda backup dalam keping CD, flash disk, atau minimal berada di lokasi yang berbeda dengan partisi harddisk untuk instalasi nantinya.
  2. Kemudian kita memilih sistem operasi yang mau kita instal ke komputer. Apakah Anda akan menginstal OS  Windows XP, Windows 7, atau yang lainnya. Jika ingin menginstal Windows, pastikan Anda telah menyiapkan CD original dari Windows yang Anda beli, termasuk mencatat nomor seri yang harus diisikan saat proses install komputer berjalan.
  3. Persiapkan cd driver. Bisa terjadi, setelah sistem operasi terinstal ke komputer, kemungkinan tampilan layar komputer belum optimal, suara tidak terdengar, printer belum bisa dipakai, dan sebagainya. Anda akan memerlukan CD atau disket driver untuk menginstal driver VGA dan sound card, driver printer, serta driver piranti tambahan lainnya. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa mendownloadnya di situs internet produsen hardware terkait atau mencari alternatifnya dengan menggunakan mesin pencari.
  4. Sediakan software dan program aplikasi komputer yang Anda perlukan. Misalnya, selain sistem operasi, Anda akan membutuhkan program office, software desain grafis, antivirus, aplikasi bantu untuk akses internet, game favorit, dan tool perawatan sistem komputer.
  5. Tambahkan program lain sesuai kebutuhan. Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin juga ingin mengetahui cara menginstal font, memasang flash player, PDR reader,  dan sebagainya.
  6. Buang software yang tidak diperlukan. Pastikan Anda bisa membuang instalasi (uninstall) program-program yang telah Anda install sebelumnya. Kemungkinan, beberapa software yang pernah Anda instal atau tanpa sengaja turut terinstal ternyata tidak Anda butuhkan atau bahkan tidak pernah Anda pakai. Dengan membuang program yang tidak diperlukan, selain akan memperbesar ruang kosong harddisk juga akan mempercepat kinerja komputer kita. 
Demikian langkah-langkah yang perlu kita lakukan agar proses instalasi berjalan lancar karena semua kebutuhan proses instal komputer telah kita sediakan.

Sumber : Komputeran.com
0 Komentar untuk "Langkah – langkah Menginstal Komputer Sendiri "

Back To Top