728 x 90

Cara seting Custom Domain Blogspot

Sudah banyak sekali tutorial tentang custom domain blogspot yang diposting di dunia maya, namun bagi pemula seperti saya cukup membingungkan karena ternyata detail setingnya tidaklah sama persis tergantung domain dibeli dimana atau siapa penjualnya.

Berikut ini saya akan posting tutorial tentang custom domain blogspot  versinya rumahweb karena kebetulan blog aku yang lain domain dan hostingnya aku beli di rumahweb dan berencana untuk beli domain lagi untuk blog aku yang lain yang menggunakan blogspot. Berikut tutorialnya :

Silahkan anda login ke account blogspot anda, lalu klik tanda panah ke bawah pada blog yang ingin di setting, kemudian pilih menu setelan/setting. Terlihat seperti gambar berikut:

Setelah itu anda akan dibawa ke halaman setelan. di bagian penerbitan, silahkan klik link tambahkan domain ubahsuaian

Di halaman selanjutnya silahkan masukkan nama domain misalnya www.namadomain.com kemudian klik link “petunjuk setelan” sesuai dengan gambar berikut ini:

Setelah itu akan muncul halaman panduan setting DNS

Silahkan membuat setting DNS sesuai dengan petunjuk diatas, Cara melakukan setting DNS jika Anda order domain saja di Rumahweb bisa diakses panduannya di http://www.rumahweb.com/journal/cara-setting-dns-domain-rumahweb.htm

Setting DNS yang harus dibuat ada dua yaitu A Records dan CNAME Records, Berikut Records yang harus dibuat :
A Records :
Hostname
IP
TTL
@.namadomain.com
216.239.32.21
14400
@.namadomain.com
216.239.34.21
14400
@.namadomain.com
216.239.36.21
14400
@.namadomain.com
216.239.38.21
14400
CNAME Records :
Hostname
Canonical Name
TTL
www.namadomain.com
ghs.google.com
14400
4ME74TNZAIUA.namadomain.com
gv-TANE3GEW7JWX6DXQOTQFZQYQ34IELNFCS5QDUL5AAGQF
4GPWUHYQ.domainverify.googlehosted.com
14400
 * Untuk CNAME Record yang kedua (4ME74TNZAIUA.namadomain.com) harus sesuai dengan panduan yang muncul pada gambar 4 diatas (yang digarisbawahi) sehingga setiap domain berbeda-beda.

Setelah semua setting DNS selesai, masuk kembali ke blogger.com dan seting kembali sesuai gambar berikut ini 

Jika sudah benar maka ketika klik tombol “Simpan” tidak ada pesan error yang muncul. Proses perubahan DNS memerlukan waktu propagasi antara 1-24 jam sehingga jika domain yang Anda setting custom ke blogspot belum bisa diakses kemungkinan proses propagasinya belum selesai dan tinggal menunggu saja.

Sumber : Rumahweb

0 Komentar untuk "Cara seting Custom Domain Blogspot"

Back To Top