Uji Kompetensi Guru Tidak Lancar

Uji kompetensi guru (UKG) gelombang pertama telah dilakukan sejak Senin (30/07). Dari evaluasi sementara, diketahui di beberapa titik uji kompetensi (TUK) terjadi kendala teknis, yang menyebabkan guru tidak bisa mengikuti ujian di hari pertama.
Dari evaluasi tersebut diketahui ada dua penyebab sebagian guru tidak bisa mengikuti UKG. Pertama, instalasi server yang dilakukan oleh operator gagal tersambung ke server pusat, sehingga soal tidak bisa keluar. Kedua, ada perubahan data guru yang dimasukkan ke dalam server. Perubahan data tersebut mengakibatkan saat nomor peserta dimasukkan, soal juga tidak keluar.

“Server itu berisi TUK, data peserta dan mata pelajaran, yang dipanggil dengan nomor peserta. Kalau ada di antara data tersebut yang berubah, maka soalnya tidak akan keluar,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Syawal Gultom, saat ditemui seusai sidang kabinet terbatas bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Kemdikbud, Selasa (31/07).
Dengan adanya hasil evaluasi tersebut, Syawal mengimbau kepada para guru untuk taat asas dan disiplin saat memasukkan data. Perubahan yang terjadi dalam server akan memperbesar kemungkinan terjadinya kesalahan saat akan melakukan ujian.
Pentingnya disiplin data dalam memasukkan data guru, kata Syawal, akan memberi dampak yang besar bagi pendataan guru secara keseluruhan. Karena ke depan, jaringan infrastruktur seperti ini tidak hanya akan digunakan untuk uji kompetensi saja, tapi juga untuk pendidikan dan latihan para guru.
“Untuk melakukan tatap muka saat pendidikan dan latihan para guru yang jumlahnya lebih dari dua juta orang, tentu biayanya akan sangat mahal. Untuk itu, ke depan kita juga akan menggunakan TIK dalam pelaksanaannya,” katanya. 
Sumber : Kemdiknas
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Uji Kompetensi Guru Tidak Lancar"

Back To Top