Riset Keyword sangat penting untuk dilakukan dalam tahap awal sebelum anda membuat
sebuah website yang memang sengaja anda persiapkan untuk mendapatkan
income dari peluang usaha yang ada di internet. Anggap saja misalkan
sekarang anda
sedang merencanakan untuk membuat website baru, sekarang akan ditunjukkan langkah bagaimana cara me-riset keyword untuk website baru
saya tersebut.
Langkah Pertama:
Keyword ide; adalah keyword yang berupa topik umum tentang suatu hal, biasanya terdiri dari satu – dua kata saja, misalkan: electronics, weight loss, furniture, dll. Jika anda sudah menentukan keyword ide nya untuk website anda nanti, lakukanlah riset keyword untuk ide atau topik anda tersebut. Sebagai contoh anda akan menggunakan keyword ide “Birthday”, artinya anda akan membuat website seputar tentang Birthday.
Target dari langkah pertama ini adalah mencari “Keyword Utama” untuk website anda.
Kita
bisa gunakan fasilitas atau tools gratis yang ada di internet, yaitu
“Google Keyword Tool External”, masukan keyword anda disana dan klik
tombol “Get keywords ideas”, hasil dari keyword anda kira-kira seperti
gambar ini:
Jika
anda lihat gambar diatas, jumlah pencari kata “birthday” di google.com
pada bulan May sebesar 30jutaan, itu artinya keyword tersebut punya potensi traffic sebesar 30juta per bulan!
Tapi anda tidak bisa begitu saja gunakan keyword itu sebagai keyword
topik website, karena ada satu hal yang perlu dipertimbangkan yaitu
jumlah website pesaing yang juga menggunakan keyword tersebut.
Cara untuk melihat pesaing, anda bisa gunakan search engine google untuk melihatnya. Dan ingat, selalu gunakan tanda kutip dua untuk pengecekan ini.
Lihat gambar dibawah ini:
Cara untuk melihat pesaing, anda bisa gunakan search engine google untuk melihatnya. Dan ingat, selalu gunakan tanda kutip dua untuk pengecekan ini.
Lihat gambar dibawah ini:
Wow…
pesaing untuk kata kunci birthday terlalu besar, 265juta! Sangat tidak
bijaksana jika anda menggunakan keyword “birthday” untuk topik website,
karena boleh dibilang hampir tidak mungkin website anda akan menduduki
posisi pertama untuk keyword tersebut.
Pertanyaannya, bagaimana langkah selanjutnya jika ingin membuat website dengan topik seputar birthday?
Jawabanya: cari keyword turunannya atau biasa disebut “long tail keyword” untuk hasil search keyword digambar pertama tadi, misalnya saja mencari keyword turunan dari keyword “birthday party” dengan melakukan lagi riset seperti Langkah Pertama dari awal.
Pertanyaannya, bagaimana langkah selanjutnya jika ingin membuat website dengan topik seputar birthday?
Jawabanya: cari keyword turunannya atau biasa disebut “long tail keyword” untuk hasil search keyword digambar pertama tadi, misalnya saja mencari keyword turunan dari keyword “birthday party” dengan melakukan lagi riset seperti Langkah Pertama dari awal.
Alhasil, setelah
melakukan beberapa kali riset tahap awal ini saya mendapatkan keyword
“birthday party supplies” sebagai keyword utama untuk website saya.
Kuncinya: lakukan langkah pertama ini berulang-ulang (tergantung dari keyword nya) jika pesaingnya masih masih terlalu besar. Formulanya “cari jumlah pencari yang banyak dalam sebulan, tapi yang sedikit pesaing nya (dibawah 10juta)”
Semakin banyak jumlah pencari dengan kata kunci atau keyword tersebut dan semakin kecil jumlah pesaing pada result search engine google, maka semakin bagus keyword itu (istilahnya niche keyword)
Jika anda sudah menemukan Keyword Utama yang tepat bagi topik website anda,
langkah selanjutnya adalah mencari keyword – keyword pendukung keyword
utama, supaya website anda nanti mudah mencapai halaman pertama di
search engine google. Dengan begitu, website anda mempunyai peluang
lebih besar untuk mendapatkan traffic gratis (organic traffic) atau
pengunjung dari internet.
sumber : waroengbetawi
Tag :
Internet Marketing
0 Komentar untuk "Cara riset keyword 1"